Saturday 2 February 2013

Kujaku



Kujaku merupakan jenis koi yang berkembang pada beberapa tahun belakangan. Semakin lama peminat koi Kujaku semakin meningkat. Pada level kontes Kujaku juga telah banyak diikuti oleh peserta. Dalam klasifikasi jenis Koi, Kujaku dimasukkan dalam kategori Hikarimoyo bersama dengan Kin Showa, Yamato Nishiki, Doitsu Hariwake dan Kikusui. Pola kohaku pada Kujaku menjadi salah satu daya tarik dari ikan koi jenis ini

Kujaku adalah Koi Metalik (ogon) dari varian Matsuba dengan Pola warna merah atau orange seperti pola pada Kohaku. Pola Matsubanya menyerupai bulu burung merak sehingga koi jenis ini diberi nama Kujaku. Kujaku dalam bahasa Jepang berarti burung merak.

Kujaku Koi
Karena merupakan koi metalik maka bentuk pola net pada Kujaku menjadi penting untuk dipertimbangkan. Selain itu kecemerlangan warna metalik (Hikari) juga menjadi penentu kualitas Kujaku.Selain itu Fukurin yang bersih dan jernih juga membuat Kujaku lebih menarik. Kriteria lain seperti bentuk tubuh mengikuti standard penilaian ikan koi yang lain.
Pada awalnya kujaku yang dikembangkan merupakan versi doitsu atau tanpa sisik, namun semakin lama semakin sulit menemukan Kujaku tanpa sisik (doitsu) yang berkualitas baik.Pada bagian Kepala Kujaku Bisa memiliki warna atau bersih tetapi tidak ramai oleh beberapa warna.

Sumber : http://centralkoi.com

No comments: